DICARI SEGERA!!!!!!!!!!!!

Seorang Distributor atau Agen untuk penjualan susu kambing kami di wilayah sekitar Jabodetabek dan di seluruh Indonesia.Berminat segera Hubungi
Pa Coki (081384852203).

Delivery Order

DISTRIBUTOR UTAMA:
Syauqi Masyhal
Jl. Utan Kayu Rawa Mangun Jakarta
No. HP: 081384852203

Koordinator Peternakan: Mas Eko 081386427365

HARGA SUSU KAMBING MURNI PERANAKAN ETTAWA : @Rp10.000/200ml


BIAYA PENGIRIMAN TERGANTUNG JAUH-DEKATNYA JARAK DENGAN ALAMAT AGEN.
KAMI JUGA MENJUAL BIBIT KAMBING PERANAKAN ETTAWA, HARGA MULAI Rp.1.500.000

Tuesday, May 5, 2009

Susu Kambing : Dipercaya Meningkatkan Vitalitas

Ettawa merupakan jenis kambing yang dapat dikonsumsi dagingnya dan dapat dimanfaatkan susunya. Susu kambing ettawa dipercaya bisa meningkatkan vitalitas dan menjaga kesehatan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.
Salah satu lokasi peternakan kambing ettawa terletak di Desa Bojong Kantong, Banjar, Jawa Barat. Lokasinya dapat dicapai sekitar setengah jam perjalanan dari kota Banjar dengan melintasi areal persawahan yang luas.

Peternakan kambing ettawa ini terletak ditengah - tengah pemukiman penduduk. Beternak kambing ettawa telah menjadi mata pencaharian masyarakat disini yang tergabung dalam Kelompok Peternak Ettawa Marga Rahayu.

Usaha peternak kambing ettawa ini telah berjalan sejak tahun 2004 lalu diawali dengan ternak 60 ekor bibit kambing ettawa bantuan pemerintah. Dalam setahun kambing ettawa melahirkan sebanyak 2 kali. Setiap melahirkan akan menghasilkan 2 ekor anak.

Kini peternakan kambing ettawa disini telah berkembang dengan jumlah kambing yang dipelihara sebanyak 500 ekor yang sebagian besar diambil susunya. Yang penting dilakukan dalam peternakan kambing ettawa adalah perhatikan pemeliharaannya.

Kandang ettawa juga harus dijaga kebersihannya. Pemeriksaan kandang dilakukan 2 kali sehari sehingga susu yang dihasilkan terjaga kualitasnya. Makanan pokok kambing ettawa berupa rumput hijau dan makanan tambahan berupa konsentrat yang terbuat dari campuran ampas tahu.

Induk ettawa dipisahkan antara induk jantan dan betina. Setiap ekor induk jantan dapat mengawini 10 ekor induk betina. Kambing ettawa jantan yang sedang birahi biasanya agresif.

Kambing ettawa diambil susunya setelah melahirkan. Induk betina ettawa dipisahkan dari anaknya 5 hari setelah melahirkan. Bentuk pertumbuhan anak ettawa diberi minuman pengganti berupa susu CMR. Induk ettawa rentan terhadap serangan penyakit masitis.

Penyakit ini menyerang bagian susu sehingga tidak dapat menghasilkan. Untuk mengobati kambing ettawa yang terserang penyakit Dinas Perternakan Kota Madya Banjar menyediakan dokter hewan yang secara rutin berkunjung ke lokasi peternakan.

Untuk mengobatinya susu induk ettawa diperah hingga keluar susunya. Setelah itu disuntik antibiotik. Memerah susu induk kambing etawa dilakukan ditempat khusus yang perlu diperhatikan dalam proses pemerahan ini adalah kebersihan. Sebelum diperah puting susu harus dibersihkan dan dilap dengan kain bersih.

Susu hasil perahan kemudian langsung dimasukan kedalam botol. Susu ettawa yang dihasilkan peternak dikirim ke koperasi. Ditempat ini susu terlebih dahulu diperiksa kualitasnya di laboratorium. Tempat ini harus terjaga kebersihannya.

Proses pemeriksaan diuji dengan alkohol di laboratorium untuk mengetahui apakah susu yang dihasilkan layak untuk dikonsumsi. Setelah dilakukan uji kelayakan lalu susu segar menjalani proses vasterisasi dengan dimasukan kedalam tabung pengolahan.

Susu yang telah diolah kemudian disimpan dikantong plastik dan diletakan dilemari pendingin. Disini tersedia 3 jenis susu hasil olahan rasa strawberry, rasa mocca dan susu murni. (lia)

Sumber artikel : indofamilypets.com

No comments:

Post a Comment

THANKS YA DAH COMMENTS.ADA PERTANYAAN YANG LEBIH MENDALAM HUBUNGI PA SYAUQI DI 081384202130